Cara Efektif Melakukan Pembelajaran Jarak Jauh Untuk Pelajar

Masa pandemi menuntut semua orang menerapkan kebiasaan baru. Dunia pendidikan khususnya diwajibkan melakukan pembelajaran jarak jauh, agar para siswa tidak terinfeksi virus covid 19. Tentu saja banyak kekurangan dari metode pembelajaran tersebut, namun hal ini harus dilakukan. Agar proses belajar mengajar lebih efektif, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan.

Persiapkan Perangkat Elektronik yang Memadai

Salah satu hal yang sangat penting dipersiapkan agar proses belajar jarak jauh tetap berlangsung efektif adalah perangkat elektronik yang memadai. Dengan kemajuan teknologi saat ini maka belajar jarak jauh tetap bisa dilakukan dengan mudah. anda hanya perlu menyiapkan smartphone atau laptop yang terkoneksi dengan internet. Setelah itu anda bisa menggunakan aplikasi Zoom dan juga Classroom. Melalui aplikasi tersebut anda tetap bisa berinteraksi dengan guru secara langsung, sehingga proses belajar tetap efektif. Sebenarnya cara belajar yang satu ini tidak jauh berbeda dengan belajar di kelas, karena guru dan siswa masih bisa tatap muka dan berinteraksi secara langsung. Hanya saja koneksi internet harus lancar agar proses belajar tidak terganggu.

Atur Waktu Belajar Seperti Belajar Di Sekolah

Salah satu kendala yang sering dihadapi saat menerapkan belajar jarak jauh adalah dalam hal waktu. waktu belajar di sekolah jauh lebih leluasa dibanding waktu belajar di rumah. Apa lagi jika guru menyuruh siswa untuk belajar sendiri, maka sering kali waktu belajar tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Agar selama masa pandemi ini anda tetap bisa belajar dengan baik, maka sebaiknya anda mengatur waktu belajar dengan ketat. Sebisa mungkin buat waktu belajar seperti di sekolah, agar proses belajar tetap berlangsung baik. Tanpa adanya disiplin waktu maka proses belajar tersebut pasti tidak efektif. Oleh karena itu buat jadwal belajar, dan patuhi jadwal tersebut agar proses belajar tetap efektif.

Manfaatkan Konten di Internet Untuk Membantu Proses Belajar

Agar proses pembelajaran jarak jauh berlangsung dengan baik, ada baiknya juga anda memanfaatkan internet untuk membantu pemahaman akan materi pelajaran. Saat ini sudah banyak konten – konten di internet yang bisa dijadikan tempat belajar. Misalnya anda kebingungan dengan satu materi pelajaran, maka anda bisa mencari penjelasannya di internet. saat ini sudah banyak orang yang membuat konten video atau artikel yang membuat pembahasan tentang berbagai materi pelajaran. Jadi anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan pemahaman anda. Beberapa orang bisa lebih mudah menangkap pelajaran yang dimuat dalam bentuk video dari pada penjelasan verbal. Jadi anda perlu mencoba semua konten pelajaran tersebut untuk meningkatkan pemahamanan anda.

Tumbuhkan Niat Ingin Tahu yang Besar

Tentunya agar belajar jarak jauh tetap bisa dilakukan setiap siswa harus memiliki rasa ingin tahu yang besar. Walaupun belajar jarak jauh, anda tetap bisa menambah pengetahuan anda dengan efektif jika anda memiliki rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin tahu tersebut akan menuntut anda mencari sendiri penjelasan tentang hal – hal yang belum anda pahami. tanpa adanya rasa ingin tahu maka siswa pasti sulit berkembang dengan baik. Jadi mulai dari diri anda untuk membentuk rasa ingin tahu yang besar. Kemudian pelajari seluruh hal – hal yang menarik untuk anda, agar pemahaman semakin meningkat. Saat ada hal yang sulit dipahami terkait materi pelajaran tersebut, maka anda bisa menanyakannya kepada guru untuk mendapatkan penjelasan.

Buat Kelompok Belajar

Cara belajar jarak jauh yang lainnya yang bisa diterapkan dengan mudah adalah belajar kelompok. Jadi anda perlu membuat kelompok belajar bersama  teman – teman, agar bisa belajar bersama. Metode yang satu ini bisa diterapkan jika tempat tinggal anda berdekatan dengan teman. Atau anda juga bisa menerapkan metode yang satu ini dengan belajar kelompok daring. Belajar kelompok dinilai efektif karena masih terdapat interaksi antara teman, sehingga proses belajar berlangsung dengan baik. Anda bisa membahas materi pelajaran atau tugas bersama teman – teman, agar mudah dikerjakan. Untuk menerapkan metode ini, maka anda harus membuat waktu yang tegas. Dengan demikian proses pembelajaran jarak jauh nantinya tidak terhalang.         ( Amarulloh / amrul.id )

Leave a Reply

Your email address will not be published.