Adaptasi Sekolah Daring Oleh Semua Pihak demi Kemajuan Pendidikan Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang paling berdampak pada masa pandemi kali ini. Sekolah yang dahulunya dilaksanakan secara langsung di gedung sekolah ini sudah menggunakan metode daring. Tentu hal ini membuat semua pihak kurang siap, akan tetapi sebagai manusia kita harus pandai beradaptasi. Apa saja adaptasi sekolah daring tersebut?

1. Adaptasi Oleh Siswa

Adaptasi yang pertama dan yang paling utama adalah dari siswa itu sendiri. Sekolah daring atau luring ini memang dilaksanakan di rumah dengan menggunakan internet akan tetapi sebaiknya dilakukan secara benar-benar. Banyak sekali siswa yang hanya absen dan kembali tidur saat pembelajaran jarak jauh karena menganggap mereka bebas dan tidak akan dimarahi oleh guru.

Hal ini tentu sangat kurang tepat. Siswa seharusnya tetap mengikuti pembelajaran secara aktif sehingga ilmu yang didapatkan benar-benar masuk ke dalam otak. Hal ini juga dapat membentuk suatu karakter yang bertanggung jawab walaupun tidak ada pengawasan secara ketat. Siswa harus membentuk rasa tanggung jawab pada diri sendiri, karena ilmu tersebut yang membutuhkan adalah siswa itu sendiri untuk membentuk pola pikir yang lebih terstruktur.

2. Adaptasi Oleh Sekolah dan Guru

Selanjutnya juga harus ada adaptasi dari sekolah dan guru. Banyak oknum guru yang malas pada pembelajaran jarak jauh ini, berbagai praktik kecurangan dilakukan seperti hanya memberikan tugas dan nilai sudah dibuat jadi tanpa mengoreksi hasil pekerjaan siswa sehingga guru tidak tahu akan kemampuan siswa secara benar-benar aktual.

Sekolah dan guru juga harus bekerja sama untuk membuat pembelajaran yang edukatif dan menyenangkan sehingga siswa tidak bosan, bisa dengan membuat video materi atau membuat quiz di grup. Pihak sekolah seyogianya juga memberikan fasilitas berupa kuota data bagi anak-anak terutama bagi anak yang tidak mampu secara ekonomi, bisa menggunakan dana bos atau dana bangunan yang seharusnya digunakan untuk pengembangan gedung yang tidak dilakukan di masa pandemi ini.

3. Adaptasi Oleh Keluarga

adaptasi sekolah daring juga harus dilakukan oleh keluarga terutama orang tua. Keluarga harus mendukung penuh pembelajaran untuk siswa. Misalnya jika sinyal dari provider sang siswa mengalami gangguan bisa dipinjami atau dibagikan jaringan internetnya. Jika anak-anak kesulitan khususnya masalah hitungan dasar, cara menulis yang benar, dan cara membaca maka orang tua atau kakaknya bisa membantu.

Bentuk dukungan sederhana lainnya misalnya adalah ketika anak sedang ujian maka orang tua atau anggota keluarga lain tidak menyalakan televisi atau musik keras-keras. Membantu yang mendukung pendidikan siswa juga harus benar. Orang tua atau anggota keluarga yang lainnya tidak boleh mengerjakan seluruhnya akan tetapi membimbing anak dalam penyelesaian agar mereka mampu untuk berpikir lebih baik.

4. Adaptasi Oleh Pemerintah dan Pemangku Kekuasaan Lainnya

Adaptasi juga harus dilakukan oleh pemerintah dan pemangku kekuasaan lainnya. Pemerintah sebaiknya memberikan bantuan baik untuk masalah gadget, kuota, dan juga perbaikan sinyal ke seluruh pelosok di Indonesia.

Pemangku kekuasaan lainnya seperti RT, RW, kepala desa setempat pun juga bisa ikut andil dalam hal ini. Pemangku kekuasaan tersebut bisa bermusyawarah dengan masyarakat dan mengumpulkan uang untuk membeli WiFi misalnya sehingga anak-anak tidak perlu membeli kuota mandiri.

5. Adaptasi Oleh Masyarakat Umum

Sebagai masyarakat umum juga harus peduli dengan keadaan pendidikan saat ini. Tidak perlu muluk-muluk membelikan gadget, Anda pinjamkan atau memberikan kuota gratis kepada anak tetangga yang memiliki tingkat ekonomi rendah saja sudah sangat membantu, Anda juga bisa ikut iuran desa untuk pembelian WiFi.

Penutup

Jadi, pendidikan ini harus disokong oleh berbagai pihak, boleh saja kita mengkritik pemerintah akan tetapi jika kita tidak berbuat apapun sama sekali maka sama saja kita tidak mendukung anak-anak Indonesia dalam mendapatkan kualitas pendidikan yang baik.

Semua pihak harus pandai dalam adaptasi sekolah daring sehingga anak-anak akan mendapatkan kualitas pendidikan yang maksimal walaupun dengan pembelajaran jarak jauh. Semoga anak-anak Indonesia mendapatkan kualitas pendidikan yang baik dan bisa menjadi harapan bagi bangsa untuk memajukan Indonesia. (Amarulloh/amrul.id)

One Reply to “Adaptasi Sekolah Daring Oleh Semua Pihak demi Kemajuan Pendidikan Indonesia”

  1. Materi dari Nara sumber luar biasa untuk kami para guru yang jujur tengah kebingungan mengajar dari rumah harus dengan cara apa. Trimakasih pak. Profesor pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.