Tips Menghadapi Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan pada beragam aspek kehidupan. Salah satu di antaranya adalah aspek pendidikan yang saat ini mengubah model pembelajaran tatap muka menjadi model pembelajaran jarak jauh. Namun apa sih yang dimaksud dengan model pembelajaran tersebut? Untuk penjelasannya simaklah uraian berikut ini :

Metode pembelajaran jarak jauh

Sesuai dengan nama yang dimilikinya model pembelajaran masa pandemi ini dilakukan pada jarak jauh. Artinya guru dan murid tidak melakukan tatap muka secara langsung, tetapi memanfaatkan penggunaan teknologi untuk melakukan proses belajar mengajar. Cara ini dilakukan sebagai bentuk upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan mudah.

Beberapa waktu lalu, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan serta Kebudayaan sempat menyatakan bahwa metode pembelajaran ini ada kemungkinan untuk diterapkan secara permanen, sekalipun pandemi telah usai. Cara tersebut diterapkan dengan sistem Hybrid Mode yang mana akan mengkombinasikan bentuk pembelajaran e-learning dengan tatap muka.

Dengan penerapan metode tersebut, Nadiem berharap agar pihak sekolah dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan baik dan juga dapat melakukan berbagai macam eksperimen pada model atau metode pendidikan yang tengah dilakukan. Selain itu, cara ini juga memberikan tantangan tersendiri bagi pihak orang tua.

Tips membantu anak belajar dengan metode pembelajaran jarak jauh

Merujuk pada pernyataan di bagian atas tadi, yang memungkinkan terjadinya peraturan mengenai proses belajar jarak jauh secara permanen, maka ada baiknya bagi Anda, terutama para orang tua untuk mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini :

  • Menciptakan ruang belajar nyaman

Sama halnya dengan orang dewasa, anak juga membutuhkan tempat atau ruang yang nyaman untuk belajar. Karena ketika anak merasa nyaman dengan ruangan yang ditempatinya, maka proses belajar yang dilakukannya pun akan memberikan hasil yang lebih optimal. Selain itu, karena digunakan setiap hari, maka pastikan ruangan tersebut berada pada space yang berbeda dengan ruangan lain yang dapat mengganggu konsentrasi anak.

  • Memperhatikan aspek fisik anak ketika belajar

Pembelajaran ini juga kerap kali mempergunakan laptop sebagai salah satu media atau sarana yang digunakannya. Karena itulah pastikan untuk menerapkan sistem 20-20-20. Dalam hal ini, Anda dapat membuat alarm selama proses belajar setiap 20 menit. Setelah alarm berbunyi, maka Anda dapat mengajak anak untuk melihat benda lainnya yang ada di luar dengan jarak sekitar 6 meter selama 20 detik.

Namun jika cara tersebut tidak memungkinkan, Anda dapat mengajak anak untuk melihat benda lainnya yang ada di sekitar rumah, setelah selama 20 menit menatap layar komputer. Hal ini dilakukan agar mata kembali rileks dan juga menghindarkan diri dari kerusakan mata yang ditimbulkan oleh mata lelah atau bahkan mata kering.

  • Identifikasi kebutuhan anak untuk belajar

Bagian selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah mengidentifikasi kebutuhan anak untuk memaksimalkan proses belajarnya. Hal ini dilakukan agar anak tidak cepat bosan dalam melakukan proses belajar. Seperti halnya proses belajar yang dilakukan melalui laptop atau komputer secara terus menerus, maka Anda dapat mengakalinya dengan membuat print out dari materi yang ada di laptop atau komputer tersebut. Dengan demikian anak pun dapat belajar dengan membaca buku secara langsung untuk menghindari rasa bosan

  • Pengaturan waktu belajar seperti hari normal lainnya

Metode belajar yang dilakukan dari jarak jauh ini seringkali membuat perubahan jadwal pada anak serta orang tua. Selain menjadikan aktivitas terlaksana secara tidak beraturan, banyak pula orang tua yang merasa direpotkan dengan metode belajar tersebut. Karena itulah untuk menghindari hal tersebut, maka pastikanlah untuk mengatur waktu belajar seperti pada hari normal lainnya. Selain menjadikan waktu belajar dengan lebih teratur, Anda selaku orang tua pun tidak akan kehilangan waktu banyak dan dapat mengerjakan aktivitas lainnya selain daripada membantu proses belajar anak di rumah.

  • Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan anak

Bagian paling akhir yang harus Anda persiapkan adalah kesiapan diri Anda sendiri. Dalam hal ini pastikan Anda telah siap untuk menjawab beragam pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh anak terkait materi yang telah disampaikan oleh guru dalam tugas yang diberikannya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai tips dalam menghadapi metode pembelajaran jarak jauh yang dapat Anda terapkan di rumah dengan lebih mudah. (Amarulloh / amrul.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *