Model Pembelajaran Masa Pandemi Yang Paling Efektif

Sejak bulan Maret lalu pemerintah mewajibkan seluruh sekolah dan perguruan tinggi untuk menerapkan belajar jarak jauh. Hal ini diterapkan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Agar proses belajar mengajar tetap efektif dilakukan, maka sudah banyak dihadirkan model pembelajaran masa pandemi yang bisa diterapkan oleh seluruh siswa. Berikut ini beberapa model pembelajaran yang cocok diterapkan.

Metode Daring

Metode daring merupakan salah satu metode belajar yang banyak diterapkan beberapa sekolah dan perguruan tinggi. metode ini terbilang efektif karena guru dan murid masih bisa berkomunikasi melalui jaringan internet. Dengan kecanggihan teknologi saat ini maka guru dan murid masih bisa bertatap muka dan menerapkan proses belajar mengajar. Hanya saja dibutuhkan perangkat digital dan koneksi internet yang lancar untuk menerapkan model pembelajaran yang satu ini. Metode ini sangat cocok diterapkan khususnya pada wilayah yang ditandai dengan zona merah. Cukup menggunakan aplikasi, maka guru dan siswa masih bisa melanjutkan proses belajar mengajar memanfaatkan sarana internet tersebut. Metode daring ini akan mudah diterapkan jika di daerah tersebut kecepatan internet baik.

Home Visit Method

model pembelajaran masa pandemi lain yang juga bisa diterapkan adalah home visit method. Model pembelajaran yang satu ini menuntut tenaga pendidik untuk berkunjung ke rumah siswa untuk memberikan materi pembelajaran serta tugas – tugas yang akan mengasah pengetahuan siswa. Metode yang satu ini cocok diterapkan jika di kawasan tersebut jaringan internet kurang baik, dan rumah tenaga pendidik dan siswa tidak terlalu berjauhan. Hanya saja metode yang satu ini tidak bisa diterapkan setiap hari. jadi solusinya guru bisa hadir ke rumah siswa 2 atau 3 kali dalam seminggu untuk memberikan materi pelajaran dan memeriksa tugas – tugas yang telah diberikan. Atau bisa juga siswa yang datang ke rumah guru tersebut. Metode yang satu ini diterapkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Belajar Kelompok

Metode belajar lain yang juga bisa diterapkan di masa pandemi ini adalah metode belajar kelompok. Metode yang satu ini sebenarnya sudah sering diterapkan, karena sangat efektif. Jadi guru memberikan tugas kepada siswa dalam bentuk kelompok, untuk dipelajari dan dikerjakan bersama – sama. Terkadang siswa lebih cepat menangkap pelajaran dari penjelasan teman dibanding penjelasan guru. Oleh karena itu metode belajar kelompok ini cukup efektif diterapkan di masa pandemi. Guru juga bisa memantau setiap kelompok belajar untuk memberikan evaluasi terhadap hasil pembelajaran mereka. Hanya saja metode yang satu ini hanya cocok diterapkan di zona hijau dan zona kuning yang ditetapkan oleh pemerintah.

Metode Luring

Metode luring atau luar jaringan merupakan metode yang juga bisa diterapkan di zona hijau dan zona kuning covid 19. Metode yang satu ini sama dengan metode belajar pada umumnya, di mana siswa dan guru masih bisa bertatap muka di ruang kelas. Hanya saja jumlah siswa dibatasi dan sistem belajar dibuat secara bergantian. Jadi dengan demikian kerumunan bisa dihindari dan siswa tetap bisa belajar dengan baik. terkadang proses belajar mengajar dengan tatap muka langsung jauh lebih baik, karena materi pelajaran bisa diserap siswa dengan baik. Saat siswa bingung dengan materi, maka mereka bisa langsung menanyakan hal tersebut ke tenaga pendidik. Untuk menerapkan metode ini, protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah juga harus dipatuhi.

Metode Pemberian Tugas

Metode belajar lain yang juga bisa diterapkan pada masa pandemi ini adalah metode pemberian tugas. Jadi guru memberikan tugas pada siswa untuk dikerjakan di rumah, dan mengirimkan tugas tersebut agar diperiksa oleh guru. Tugas yang diberikan dibarengi dengan pemberian materi pelajaran. Metode ini menuntut siswa untuk belajar sendiri, dan mengerjakan tugas tersebut berdasarkan materi yang diberikan. Metode ini cocok diterapkan pada daerah yang jaringan internetnya belum stabil dan perangkat teknologi belum mendukung. Sekolah di desa pada umumnya banyak menerapkan metode yang satu ini karena dinilai lebih mudah diterapkan. Sulitnya akses internet menjadi penyebab proses belajar terganggu. Itu lah beberapa model pembelajaran masa pandemi yang bisa diterapkan dengan mudah. (Amarulloh / amrul.id )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *