Keuntungan Belajar Jarak Jauh Di Masa Pandemi

Virus corona yang telah merebak hingga keseluruh dunia termasuk Indonesia membuat semua aktivitas termasuk proses pembelajaran di sekolah menjadi terhambat. Sehingga harus diterapkan sistem pembelajaran jarak jauh secara online. Hal tersebut memang bukan hal yang mudah bagi siswa dan guru karena sistem yang belum terbiasa.

Apalagi dengan terus meningkatnya kasus virus corona di seluruh Indonesia membuat semua aktivitas di luar harus dilakukan di dalam rumah atau work from home termasuk belajar.

Belajar online memang dikeluhkan mendatangkan beberapa masalah seperti koneksi internet yang tidak stabil hingga kurangnya pemahaman. Akan tetapi model pembelajaran masa pandemi ini juga mempunyai beberapa keuntungan seperti berikut antara lain:

1. Waktu dan tempat menjadi fleksibel

Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan sebenarnya dapat dilakukan dimana saja misalnya di kamar, di teras, di ruang keluarga, dan lain sebagainya. Selain itu orang tua dapat mengatur sendiri waktu belajar anak sekiranya orang tua dapat ikut menemani. Anak juga dapat belajar di rumah sambil membantu pekerjaan rumah.

2. Menumbuhkan disiplin diri 

Belajar jarak jauh secara online hakikatnya memang membutuhkan kebiasaan dan motivasi yang lebih terutama dalam manajemen waktu. Sebab anak harus memperhatikan jadwalnya sendiri untuk belajar tanpa adanya aturan dan paksaan. Hal tersebut sekaligus dapat melatih kemampuan tanggung jawab pekerjaannya sendiri. Akan tetapi sebagai orang tua juga harus terus mengawasinya.

3. Hemat biaya 

Saat masa pandemi memang banyak pekerja yang harus di phk. Namun untuk orang tua yang mempunyai anak sekolah hal tersebut justru dapat mengurangi biaya pengeluaran anak seperti ongkos sekolah dan uang jajannya. Orang tua hanya menyiapkan makanan di rumah saja yang lebih sehat dan higienis.

4. Mendukung gaya belajar anak 

Pembelajaran jarak jauh ini sebenarnya dapat juga mengakomodasi gaya belajar anak dengan metode yang berbeda-beda. Misalnya aya linier, visual, verbal, dan lain sebagainya. Setiap anak mempunyai gaya belajarnya masing-masing yang unik yang terpenting anak bisa enjoy saat belajar.

5. Lebih menekuni hobi 

Jam belajar yang dapat dilakukan lebih fleksibel memberikan anak banyak waktu lebih saat di rumah. saat itu anak bisa lebih mengeksplor diri menekuni hobi yang disukai selain belajar. Misalnya memasak, bermain musik, menyanyi, melukis, menjahit, membaca, menulis, dan lain sebagainya. Sehingga anak dapat lebih bisa mengembangkan bakat dan potensi dirinya.

6. Pendidikan lebih maju 

Sistem belajar online selama masa pandemi secara tidak langsung juga memajukan dunia pendidikan di Indonesia walaupun sedikit. Belajar online membuat dunia pendidikan Indonesia menjadi lebih variatif dan dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal.

Kelemahan belajar jarak jauh

  1. Tugas menumpuk

Apabila tidak disiplin mengerjakan tugas yang diberikan guru di rumah, tugas-tugas akan tertumpuk dan sulit diselesaikan.

  1. Materi sulit didapat

Sistem pembelajaran masa pandemi ini memang lebih menghemat waktu, namun tidak lebih efektif daripada offline dalam hal penerimaan materi pembelajaran.  Tidak sedikit yang mengeluh stress akibat sistem ini dan hanya memberikan beban tugas yang lebih banyak.

  1. Sulit memberikan pendapat

Saat kurang mengerti tentang materi yang disampaikan di sekolah, dapat langsung ditanyakan atau didiskusikan. Justru hal inilah yang menjadi kelemahan belajar online karena akan sulit mengontrol situasi misalnya dalam video pertemuan yang saling bicara dan tumpang tindih.

  1. Tergantung jaringan

Masalah yang paling sering terjadi dalam belajar online adalah masalah jaringan. Saat jaringan kurang stabil atau mengalami masalah proses belajar juga terkendala misalnya ketinggalan kelas atau materi yang diberikan.

  1. Tidak semua mata pelajaran dapat online

Di sekolah terdapat mata pelajaran yang tidak bisa dilakukan secara online atau membutuhkan pertemuan langsung. Misalnya praktikum laboratorium dan lain sebagainya.

Pembelajaran jarak jauh selama beberapa bulan terakhir ini sebenarnya dirasa cukup berhasil meskipun mengalami beberapa kendala dan shock habit untuk siswa dan juga guru. Diluar hasil model pembelajaran masa pandemi yang efektif atau tidak, setidaknya terdapat solusi untuk mengisi waktu siswa dan guru selama masa di rumah saja.  (Amarulloh / amrul.id )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *