Manajemen Waktu Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh memang mulai diberlakukan sejak pandemi Covid-19. Hal inilah yang membuat para pelajar dituntut agar bisa beradaptasi dengan sistem belajar online. Selama proses pembelajaran jarak jauh, para pelajar harus bisa memanajemen waktu dengan baik agar bisa menjalani menjalani proses belajar dengan baik dan membagi waktunya untuk hal lainnya. Lantas, bagaimana cara memanajemen waktu selama proses pembelajaran dilakukan di rumah? Mari simak ulasan selengkapnya!

Tentukan Skala Prioritas

Patut diketahui, ketika proses belajar dilakukan di rumah memang berbagai hal yang dikerjakan tidak sama seperti di sekolah. Untuk itulah, agar proses pembelajaran bisa terlaksanakan dengan baik pastikan Anda membuat skala prioritas dengan cara menentukan apa saja pelajaran yang harus Anda kerjakan terlebih dahulu. Selain itu, jangan pernah Anda menunda-nunda untuk mengerjakan tugas yang diberikan secara daring. Pasalnya ketika tugas telah menumpuk akan membuat Anda semakin bingung dan malas untuk mengerjakan tugas tersebut.

Membuat Daftar Kegiatan

Apabila Anda telah menentukan skala prioritas, maka selanjutnya Anda harus membuat daftar kegiatan yang hendak dilakukan. Hal ini sangat penting dipertimbangkan karena bertujuan agar semua kegiatan yang Anda kerjakan bisa terencana dengan baik. Sehingga Anda tidak kebingungan untuk mengerjakan kegiatan yang memang telah tersusun dengan rapi di dalam agenda. Selain itu, jangan lupa memasukan waktu istirahat di sela-sela daftar kegiatan tersebut. Dengan adanya waktu istirahat akan membuat Anda tidak merasa jenuh dan bosan saat melakukan kegiatan belajar dari rumah.

Mengalokasi Waktu Dengan Tepat

Melakukan pembelajaran jarak jauh memang ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, terutama mengenai pembagian waktunya. Dengan menentukan waktu untuk menyelesaikan setiap kegiatan atau tugas yang diberikan di sekolah tentunya Anda bisa lebih mudah mengalokasikan waktu dengan baik. Perlu diketahui, alokasi waktu yang baik sebenarnya tidak hanya dapat memudahkan Anda menyelesaikan tugas yang diberikan di sekolah. Namun juga membuat Anda bisa membagi waktu untuk berkumpul bersama keluarga.

Melatih Fokus

Pada saat Anda mengerjakan sesuatu, pastikan Anda selalu fokus saat mengerjakannya. Dengan begitu setiap kegiatan atau tugas yang Anda kerjakan bisa terselesaikan dengan cepat dan hasilnya pun akan memuaskan. Selain itu, bila Anda lebih fokus saat mengerjakan tugas yang diberikan guru, juga akan membuat Anda lebih mudah mengerjakan tugas yang sesuai dengan deadline

Belajarlah Untuk Meminta Tolong Kepada Orang Lain

Belajar di rumah, bukan berarti Anda harus melakukan semua hal sendiri. Namun Anda juga bisa meminta tolong kepada orang lain jika memang Anda tidak bisa mengerjakan tugas sendiri. Apalagi jika Anda memang merasa tugas yang diberikan oleh guru tersebut memang sulit dimengerti, maka tidak ada salahnya untuk bertanya kepada keluarga ataupun teman yang lebih paham. Meminta tolong kepada orang lain juga menjadi salah satu cara Anda bisa belajar mempercayakan orang yang ada disekelilingnya.

Membiasakan Membatasi Waktu Saat Melakukan Sesuatu

Perlu diketahui, belajar sepanjang hari tentu akan membuat Anda merasa bosan dan jenuh. Untuk itulah, Anda meluangkan waktu bersantai, mengobrol ataupun bermain sosial media sejenak agar tidak terlalu stress dengan bidang pelajaran yang dipelajarinya. Meskipun begitu, Anda tetap harus membatasi waktu dan mengingatkan diri Anda jangan sampai melalaikan tugas sekolah.

Pastikan keperluan Proses Pembelajaran Sudah Disiapkan Dengan Baik

Mencari peralatan sekolah memang menghabiskan waktu, terlebih jika Anda tidak teratur meletakkannya. Untuk itu, sebelum Anda memulai model pembelajaran masa pandemi ini, maka terlebih dahulu Anda mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan, mulai dari peralatan tulis, laptop, smartphone serta koneksi internet yang memang sangat diperlukan. Terlebih jika Anda menggunakan sistem pembelajaran daring. Nah, agar Anda tidak kerepotan saat memulai pembelajaran jarak jauh, sebaiknya Anda menyisihkan waktu khusus untuk merapikan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah melaksanakan proses pembelajaran jarak jauh.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan jika hendak memanajemen waktu yang lebih baik selama proses pembelajaran di masa pandemi. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat berguna dan menjadi panduan bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari informasi seputar cara memanajemen waktu selama pembelajaran jarak jauh. ( Amarulloh / amrul.id )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *