Kelebihan, Kekurangan, dan Faktor Keberhasilan Pembelajaran Jarak Jauh

Pendidikan atau pembelajaran jarak jauh adalah pengajaran atau pelatihan yang diberikan pada siswa maupun mahasiswa yang tak berkumpul bersama di satu tempat secara berkala dan intens untuk menerima pelajaran langsung dari instruktur atau tenaga pengajar. Bahan dan instruksi detail yang sifatnya khusus disediakan untuk seluruh peserta yang akan mengerjakan tugas-tugas kemudian dievaluasi oleh guru.

Pada kenyataannya pendidikan jarak jauh dapat memungkinkan guru dan murid melakukan kegiatan belajar dan mengajar tanpa tatap muka, namun demikian terdapat kelebihan, kekurangan, dan faktor pendukung suksesnya sistem pembelajaran tersebut. Simak penjabaran lengkapnya di bawah ini.

Kelebihan Pembelajaran Jarak Jauh

• Adanya fasilitas e-moderating sehingga guru dengan murid didiknya bisa berkomunikasi secara mudah menggunakan fasilitas internet tanpa ada batasan tempat, jarak, dan waktu.

• Para siswa dapat me-review maupun belajar bahan pelajaran tiap saat dan dimanapun bila diperlukan.

• Apabila peserta didik butuh tambahan info berhubungan dengan kurikulum yang dipelajarinya, murid dapat langsung mengakses internet dengan mudah.

• Baik pihak pendidik dan peserta bisa melakukan diskusi melalui internet yang dapat dihadiri peserta dengan jumlah yang banyak, dengan begitu semua peserta bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan lebih luas.

• Melalui pendidikan jarak jauh peran peserta didik yang dahulunya pasif jadi lebih aktif dan mandiri.

Kelemahan Pendidikan Jarak Jauh

• Berkurangnya interaksi antar siswa dan guru bahkan antar sesama murid didik lainnya dalam sistem pembelajaran tersebut. Karena hal ini juga bisa memperlambat terbentuknya nilai atau values pada proses pembelajaran.

• Adanya kecenderungan mengabaikan aspek sosial maupun akademik sehingga mendorong timbulnya dimensi bisnis atau komersial.

• Proses belajar lebih ke arah pelatihan ketimbang pendidikan.

• Sebagian siswa jadi tak mempunyai motivasi belajar yang tinggi malah cenderung gagal.

• Support administratif sangat dibutuhkan untuk proses pembelajaran ini. Sehingga baik pendidik dan peserta harus menyiapkan segala hal dibutuhkan untuk memenuhi pendidikan daring jarak jauh.

Faktor-Faktor Keberhasilan PJJ (Pendidikan Jarak Jauh)

Untuk menerapkan sistem pembelajaran ini ada beberapa faktor penting keberhasilan yang perlu Anda ketahui dan diberlakukan, di antaranya:

– Tenaga pengajar atau instruktur mesti semangat dan juga konsisten.

– Seluruh anggota tim harus memiliki dukungan administratif yang cukup, hal ini tergantung pada jenis metode maupun bahan penyampaian yang diaplikasikan, dan staf membuat perancangan dengan baik.

– Semua bahan pengajaran untuk siswa harus dirancang dengan baik, dengan begitu para siswa bisa diuji dan selalu siap sedia kapanpun.

– Untuk pendidik sebaiknya sebagian besar pekerjaan dikerjakan sebelum seluruh materi tersebut diberikan pada para peserta.

– Mesti ada fasilitas serta dorongan akan interaksi antar peserta dengan instruktur ataupun dalam kalangan para peserta sendiri. (Amarulloh / amrul.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *