Mengenal Kelebihan Serta Kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh

Proses pembelajaran jarak jauh menjadi salah satu solusi tepat bagi bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya selain dapat dilakukan dengan mudah, proses pembelajaran ini juga dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun. Meski dikenal mudah, faktanya ada beragam kekurangan yang dimilikinya. Berikut penjelasan nya :

Kelebihan serta kekurangan metode pembelajaran jarak jauh

Untuk metode pembelajaran yang satu ini, guru dan murid tidak wajib melakukan proses belajar secara tatap muka dalam waktu rutin. Dengan kata lain, penyampaian materi dan juga tugas dapat dilakukan dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Berikut ini adalah beberapa kelebihan serta kekurangan dari model pembelajaran masa pandemi tersebut, di antaranya :

Kelebihan pembelajaran jarak jauh

  • Kebutuhan logistik yang mudah untuk didapatkan. Hal ini berkaitan dengan proses belajar yang dilakukan di rumah, sehingga yang dibutuhkan oleh anak dan orang tua hanyalah komunikasi yang baik di antara keduanya.

  • Proses pembelajaran yang dilakukan jarak jauh juga dapat mengurangi pengeluaran tambahan Anda. Seperti halnya pengeluaran yang ditujukan untuk membayar ruang kelas atau bahkan ditujukan bagi para staf pengajar yang melakukan proses belajar mengajar di dalam kelas.

  • Membangun kebiasaan baik pada diri peserta didik. Dalam hal ini mereka dapat mengetahui dengan pasti, kapan kiranya waktu yang tepat bagi mereka untuk belajar. Selain itu, mereka juga dapat mengetahui pada tahapan mana materi yang tengah atau pun telah dipelajari olehnya.

  • Bagi peserta didik tingkat atas atau bahkan perguruan tinggi, proses belajar di rumah ini dapat memberikan keuntungan berupa pengaturan waktu yang lebih baik dan dapat disesuaikan dengan apa yang dibutuhkannya. Dalam hal ini, mereka tetap dapat belajar serta melakukan pekerjaan lain yang dimilikinya.

Kekurangan pembelajaran jarak jauh

Selain beberapa kelebihan di bagian atas tadi, proses belajar yang dilakukan melalui metode jarak jauh ini juga dikenal dengan beberapa kekurangan yang dimilikinya. Seperti halnya beberapa kekurangan berikut ini :

  • Dari segi waktu yang digunakan untuk proses belajar dengan metode yang satu ini tentunya dibutuhkan lebih banyak. Hal ini terbukti dari banyaknya waktu yang dihabiskan oleh anak hanya untuk mengerjakan tugas dari materi yang disampaikan secara online tersebut

  • Dukungan administratif yang dibutuhkan oleh siswa juga kurang terpenuhi dengan baik, utamanya untuk beragam jenis fasilitas yang hanya bisa Anda dapatkan serta temukan di area atau lingkungan sekolah saja.

  • Pembelajaran jarak jauh membuat para peserta dalam hal ini anak-anak menjadi terasing antara satu dengan lainnya. Hal ini dikarenakan proses belajar yang hanya dilakukan di lingkungan rumah bersama dengan orang tua atau bahkan anggota keluarga lainnya. Dengan demikian, anak tidak memiliki teman dekat, terutama bagi anak yang baru saja memasuki dunia sekolah yang tentunya belum mengenal antara satu dengan lainnya.

  • Metode belajar di rumah juga kurang memotivasi anak dalam melakukan proses belajar mengajar. Pasalnya ada banyak hal menarik lainnya yang dapat dilakukan di rumah selain daripada belajar dan mengerjakan tugas. Karena itulah anak pun kurang semangat dan termotivasi. Tidak heran jika hasil belajar yang dimilikinya pun kurang maksimal.

Cara menyampaikan materi serta tugas belajar dari model pembelajaran masa pandemi ini dapat Anda lihat melalui tiga cara atau tiga bagian berbeda. Di antaranya adalah :

  1. E-learning

E-learning dikenal sebagai salah satu cara belajar yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti halnya menggunakan komputer atau bahkan program khusus yang memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi dengan beragam materi serta bahan pelajaran dan juga dengan pihak-pihak lainnya yang tengah melakukan proses belajar seperti halnya melalui chat room, video conference atau bahkan notice board yang dilakukan dengan guru serta peserta didik lainnya.

  1. Program televisi

Pada bagian yang satu ini anak dapat menyaksikan acara tv yang secara khusus menyajikan materi pelajaran termasuk di antaranya teknik dari pembelajaran yang tengah dilakukan atau bahkan materi yang ingin disampaikan.

  1. Menggunakan bahan tertulis

Cara selanjutnya dari proses belajar mengajar jarak jauh ini dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan penggunaan bahan tertulis. Dalam hal ini, pihak guru akan memberikan bahan materi serta tugas yang harus Anda kerjakan dalam bentuk buku atau dapat pula menggunakan buku tugas secara khusus.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai kelebihan, kekurangan serta cara belajar yang dapat Anda ikuti pada metode pembelajaran jarak jauh. (Amarulloh / amrul.id)

One Reply to “Mengenal Kelebihan Serta Kekurangan Pembelajaran Jarak Jauh”

  1. sangat bermanfaat menambah wawasan kita tentang PJJ, sehingga dapat meminimalisir kejenuhan siswa terhadap BDR. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *