3 Cara Belajar Di Masa Pandemi

Model pembelajaran masa pandemi jelas berbeda dengan model belajar sebelumnya. Jika sebelumnya anak-anak melakukan proses belajar mengajar di lingkungan sekolah hingga perguruan tinggi. Kini anak-anak hanya melakukan proses belajar dari rumah. Cara tersebut dikenal dengan sebutan pembelajaran jarak jauh.

Mengenal metode pembelajaran jarak jauh

Untuk metode pembelajaran yang satu ini guru dan murid tidak melakukan proses belajar mengajar secara langsung. Dengan kata lain tidak ada kegiatan belajar secara tatap muka. Pasalnya kegiatan belajar tersebut lebih sering dilakukan dengan cara online melalui pemanfaatan teknologi yang ada saat ini. Seperti halnya menggunakan media komputer sebagai penghubung antara guru dan murid untuk melakukan proses belajar dengan mudah.

Bukan hanya itu saja, dalam penerapannya proses pembelajaran dari jarak jauh ini pun umumnya dibagi menjadi tiga metode belajar berbeda. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

1. Daring

Daring atau Dalam Jaringan adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Cara belajar yang satu ini telah diterapkan kurang lebih selama 3 bulan terakhir. Dari metode atau cara belajar tersebut terdapat beberapa permasalahan yang kemudian ditunjukkan seperti halnya anak yang tidak senang dengan metode pembelajaran tersebut, kemudian tugas yang diberikan terasa lebih banyak dari tugas yang umumnya diberikan di sekolah, serta beragam hambatan teknis yang berasal dari penggunaan kuota, jaringan yang tidak stabil dan lainnya.

Dari beragam permasalahan yang ditimbulkan pada bagian di atas tadi, dapat diambil kesimpulan atau pun dicari solusi tepat untuk mengatasi beragam permasalahan yang ada. Seperti halnya membuat metode daring dengan lebih menyenangkan. Kemudian dapat pula dilakukan dengan memberikan tugas di malam hari ketika orang tua yang bekerja di luar telah pulang ke rumah dan dapat memperhatikan setiap pelajaran serta tugas yang diberikan pada anak

2. Luring

Luring atau Luar Jaringan adalah metode lainnya yang juga diterapkan dalam proses pembelajaran saat ini. Luring dikenal sebagai kegiatan tatap muka yang dilakukan oleh guru dengan para peserta didik yang dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal penting lainnya. Seperti halnya zonasi, kemudian protokol kesehatan hingga penggunaan metode shift atau bergiliran antara murid yang satu dengan lainnya. Cara tersebut dilakukan untuk menghindari timbulnya kerumunan yang seringkali terjadi pada saat proses belajar pada umumnya.

Tidak hanya itu dari segi kurikulum pendidikan pun tentunya dibuat dengan lebih sederhana. Hal ini dapat Anda lihat dari penggunaan RPP yang umumnya berada dalam jumlah banyak kini terbatas hanya dalam satu lembar saja. Hal tersebut sejalan dengan aturan tatap muka yang hanya memungkinkan guru serta para peserta didik yang hanya dapat bertemu dalam waktu tiga jam saja.

3. Home visit

Bagian selanjutnya adalah cara terakhir yang digunakan dalam metode pembelajaran dari jarak jauh. Home visit dikenal sebagai metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara guru mengunjungi rumah dari para peserta didiknya secara langsung. Cara yang satu ini tidak jauh berbeda dengan home schooling, namun ia lebih ditekankan untuk ditujukan bagi mereka yang tidak memiliki perangkat media atau pun teknologi untuk mengikuti beberapa cara pembelajaran lainnya. Karena itulah cara yang satu ini lebih seperti menjenguk bagaimana keberadaan serta kondisi dari para peserta didik.

Karena jumlah peserta didik tentunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah guru, maka kegiatan home visit ini umumnya dilakukan secara acak pada beberapa murid tertentu saja dan dilakukan di waktu yang berbeda. Selain itu, kegiatan ini juga sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan untuk menjaga kesehatan pendidik atau bahkan peserta didik beserta seluruh anggota keluarga yang ada di lingkungan rumah yang dikunjungi.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk tetap belajar di masa pandemi Covid-19 ini. Bahkan telah banyak pihak yang ikut mendukungnya, termasuk di antaranya para tenaga pengajar yang tentunya harus meluangkan waktu lebih banyak untuk para peserta didiknya.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai tiga cara dari metode pembelajaran jarak jauh yang dapat penulis jelaskan kali ini.  (Amarulloh / amrul.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *