Cara Memulai Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru dan Murid yang Efektif

Memulai proses pembelajaran jarak jauh memang tidak mudah untuk siapapun, mengingat proses pembelajaran seperti ini dinilai tidak lazim, dan kurang begitu terkenal beberapa tahun yang lalu. Hanya di tengah pandemi seperti sekarang ini, metode pembelajaran tersebut mulai booming dan mulai digalakkan. Lalu apa dan bagaimana cara untuk memulai dan melakukan teknik pembelajaran seperti ini !

Mengubah metode belajar

Sebenarnya untuk masalah materi pelajaran yang diberikan untuk pembelajaran jarak jauh ini tidak jauh berbeda dengan rencana pembelajaran sebelumnya. Mengingat para guru tentunya sudah mempersiapkan silabus sebelumnya.

Yang justru berbeda dalam hal ini adalah metode mengajarnya saja. Jika sebelumnya dilakukan secara tatap muka, dengan memberikan berbagai macam materi di depan kelas, atau di papan tulis. Maka kali ini, jadi secara online / daring. Untuk mempermudah para murid memahami proses belajar dan materi yang ada, sebaiknya gunakan sumber belajar yang mudah diakses oleh apra murid.

Anda sebagai guru, sebaiknya cari sumber belajar yang mampu mendukung materi pelajaran yang akan disampaikan. Kali ini Anda dapat membuat daftar link url video atau juga website yang akan digunakan, dan mampu membantu mendukung materi yang akan diberikan. Kemudian berikan pada para siswa, dan minat para siswa untuk mempelajarinya terlebih dahulu, untuk kemudian membuat forum diskusi untuk membahas materi yang diberikan secara lebih lanjut.

Siapkan model belajar yang sesuai

Berikutnya adalah mempersiapkan model pembelajaran masa pandemi yang sesuai. Misalnya saja mencari model asesmen, ini dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses belajar mengajar itu sendiri. tentu saja model ini, harus disesuaikan dengan model pembelajaran yang akan dilakukan. Adapun model asesmen yang paling sering digunakan, adalah :

  • Model True/False, adalah model menjawab pertanyaan dengan metoda benar atau salah.

  • Matching, adalah model menjawab pertanyaan dengan metoda mencocokkan soal dan jawaban yang ada. Biasanya gambar soal di sebelah kanan dan jawaban di sebelah kiri.

  • Multiple option, adalah model menjawab pertanyaan dengan metoda jawaban berganda, misalnya saja a, b, c, dan d, atau juga yang lainnya.

  • Fill the blanks, adalah model menjawab pertanyaan dengan metoda mengisi jawaban pada titik-titik atau pada bagian yang kosong. Umumnya jawabannya sudah ada sebelumnya, tinggal dipilih oleh para siswa.

Kali ini Anda sebagai guru, harus pandai memilih asesmen yang tepat, dan menarik. sehingga para siswa dapat secara antusias, dan bersemangat menjawab pertanyaan dengan baik. Misalnya saja dengan menambahkan audio atau juga video di dalam asesmen itu sendiri. Teknik seperti ini juga mampu membangkitkan minat para siswa yang terkadang suntuk ketika terus menerus belajar di rumah.

Memilih dan menggunakan platform pembelajaran online

Tahukah Anda, dibandingkan beberapa tahun yang lalu, kini platform belajar online, jauh lebih beragam. Tentu saja hal seperti ini akan sangat membantu Anda para guru dalam menjalankan program pembelajaran jarak jauh secara lebih efisien. Anda dapat memilih salah satu diantara berbagai macam platform digital, yang sesuai kebutuhan, dan kemampuan para siswa dalam mengaksesnya. Dalam hal ini pihak Kemendikbud sendiri memilih setidaknya ada 8 buah platform digital, yang dapat Anda gunakan, untuk membantu metoda belajar yang lebih baik.

Namun demikian, Anda sebaiknya tidak hanya terpaku pada platform yang disediakan saja, masih ada beberapa aplikasi lainnya yang dapat digunakan. Tentu saja Anda dapat memilikinya, dan pastinya pilih aplikasi yang mampu membantu metoda pembelajaran Anda jadi lebih dimengerti oleh pad siswa semuanya.

Sedikit tips untuk Anda dalam memilih platform yang tepat, sebaiknya diskusikan hal tersebut dengan pihak orang tua murid atau dengan para siswa itu sendiri. Mengingat kelak platform tersebut yang akan membantu mereka dalam hal kegiatan belajar mengajar kelak. Selain itu, perhatikan juga kelebihan dan kekurangan para platform tersebut, bandingkan juga dengan kebutuhan para proses sistem belajar mengajar Anda. dari informasi seperti ini, Anda dan para murid jadi lebih mudah memilih platform yang tepat, sesuai kebutuhan, dan membuat sistem belajar mengajar jadi terasa lebih menyenangkan.  Secara tidak langsung proses belajar mengajar seperti ini jadi model pembelajaran masa pandemi yang lebih menyenangkan, dan tidak membosankan. (Amarulloh / amrul.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *