Tips Tetap Sukses dengan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi

Tips Tetap Sukses dengan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi

Di masa Pandemi kali ini semua sektor terkena dampak yang sangat besar salah satunya adalah pada sektor pendidikan. Sampai saat ini pendidikan belum bisa berjalan seperti dahulu kala karena untuk mengurangi penyebaran virus corona. Walaupun pendidikan kali ini dilaksanakan dengan cara pembelajaran jarak jauh, Anda tetap bisa sukses. Bagaimana caranya?

Kurangi Menggunakan Kuota Anda untuk Kegiatan yang Tidak Bermanfaat.

Pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media tertentu yang memisahkan antara pengajar dan para siswa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media internet. Internet sendiri harus menggunakan kuota data untuk Anda yang tidak memiliki jaringan WIFI di rumah.

Bagi sebagian keluarga khususnya yang menengah ke bawah, kota  masih menjadi suatu hal yang mahal. Oleh karena itu bagi Anda yang memiliki permasalahan pada masalah kuota ini sebaiknya gunakan untuk sekolah saja dan kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat menggunakan internet seperti game online atau bermedia sosial yang berlebihan. Anda bisa membantu meringankan beban orang tua dengan ikut membantu pekerjaan mereka sehingga tidak akan kecanduan dengan gadget.

Adukan Beberapa Permasalahan Kepada Pihak Sekolah Terlebih Dahulu

Jika Anda memiliki kendala dalam melakukan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini maka sebaiknya adukan terlebih dahulu ke pihak sekolah. Pihak sekolah yang kritis pasti akan membantu permasalahan Anda dengan baik. Anda akan mendapatkan solusi yang terbaik sehingga tidak perlu khawatir.

Jangan langsung mengunggah permasalahan Anda di media sosial apalagi dengan menyebut instansi dan juga menyebut guru yang mungkin bermasalah dengan Anda karena jika hal tersebut terjadi maka hukum akan berbalik kepada Anda. Lakukan prosedur yang sesuai yaitu hubungi dahulu pihak yang berwenang di sekolah, gunakan kata yang sopan, dan cari solusi yang saling menguntungkan.

Berikan Pengertian Kepada Orang Tua Mengenai Pembelajaran Jarak Jauh

Tips sukses pembelajaran jarak jauh selanjutnya adalah memberikan pengertian kepada orang tua. Hal ini dikarenakan masih banyak orang tua yang belum memahami sekolah dengan metode daring sehingga banyak yang menganggap bahwa Anda di rumah bukan belajar akan tetapi libur dan bisa melakukan berbagai hal yang banyak.

Berikan pengertian bahwa saat ini semua siswa di seluruh Indonesia kebanyakan bersekolah di rumah menggunakan internet karena sedang pandemi covid-19. Jelaskan Anda di rumah bukan liburan akan tetapi masih aktif belajar. Dengan pengertian ini maka orang tua seharusnya bisa mengerti dan akan mendukung proses belajar Anda dari hal kecil seperti tidak menyuruh Anda melakukan pekerjaan rumah berlebihan, dll.

Gunakan Internet untuk Membuka Situs Pembelajaran Lainnya Agar Pengetahuan Anda terus Update

Jika kuota data Anda banyak atau memiliki jaringan WIFI di rumah sendiri maka manfaatkan dengan baik. Anda bisa berselancar di internet mencari berbagai sumber belajar yang bagus. Tidak perlu yang sesuai dengan pembelajaran di sekolah, ini lah kesempatan Anda untuk belajar apa yang menjadi passion.

Misalnya jika Anda sangat menyukai dunia astronomi maka Anda bisa mencari sumber terpercaya mengenai dunia astronomi, gunakan waktu luang Anda untuk belajar apa yang Anda inginkan. Jika Anda menyukai dunia sejarah maka Anda bisa mencari tahu apa saja yang membuat Anda penasaran pada sejarah masa lalu. Dengan ini pengetahuan Anda menjadi lebih bertambah walaupun bukan di bidang pelajaran biasa.

Jangan Pernah Sepelekan Pembelajaran Daring Menggunakan Internet, Anda Harus Mengikutinya dengan Sungguh-sungguh

Tips sukses yang terakhir adalah jangan pernah menyepelekan pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet tersebut. Jangan hanya absen lalu tidur saja. Anda harus mengikutinya secara sungguh-sungguh. Mungkin Anda merasa pembelajaran dengan materi di sekolah tidak berguna untuk masa depan. Mungkin ada benarnya, tapi coba telaah lebih dalam.

Anak sekolah bukan hanya untuk mendapatkan ilmu akan tetapi membentuk karakter dan pola pikir yang baik dan benar. Anda diajak untuk menyelesaikan masalah dengan runtut dan sistematis agar ketika menghadapi permasalahan nyata Anda bisa. Selain itu dengan pembelajaran jarak jauh akan melatih rasa tanggung jawab Anda walaupun tidak diawasi secara langsung oleh guru. (Amarulloh /amrul.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published.